21 Desember, 2008

BAU MULUT???


Bau Mulut, Apakah hambatan bagi kita?
Dalam kehidupan sehari – hari napas berbau dapat merupakan kecacatan sosial. Kadang kita akan merasa malu jika mempunyai masalah bau mulut. Hal itu dapat mengganggu atau menghambat kita dalam beraktifitas pergaulan sehari – hari dan akan timbul rasa kurang percaya diri pada kita. Mungkin dalam masyarakat kita tingkat kepedulian terhadap kesehatan gigi dan mulut masih kurang. Sehingga penyebab – penyebab dari bau mulut masih belum mengerti.
Gejala – gejalanya adalah timbul bau busuk yang berasal dari mulut kita. Adapun hal yang menyebabkan hal itu terjadi ada beberapa faktor. Diantaranya adanya sisa makanan yang terjepit di sela – sela gigi, adanya gigi berlubang, gigi yang sudah busuk, infeksi pada gusi, bertumpuknya plak atau karang gigi dan pemakaian gigi palsu yang tidak sesuai.
Penyebab bau mulut yang sering timbul, yang pertama yaitu adanya gigi yang berlubang dan sisa gigi atau gigi yang telah busuk terdapat di dalam rongga mulut kita. Hal ini mungkin tidak menjadi perhatian kita, disebabkan karena belum timbul adanya rasa sakit ataupun tanda – tanda infeksi yang terjadi pada gigi yang rusak. Seperti banyak yang terjadi dalam masyarakat kita bahwa jika merasa sakit pada gigi baru memeriksakan ke dokter gigi.
Yang kedua yaitu bertumpuknya plak atau karang gigi. Tanda – tanda dari adanya plak atau karang gigi dalam rongga mulut kita yaitu gusi sering berdarah, baik secara spontan maupun sewaktu menyikat gigi. Itu berarti sudah terjadi radang pada gusi kita, tempat dimana berkumpulnya bakteri – bakteri. Karena penumpukan plak itulah yang menyebabkan bau mulut kita.
Sedangkan pemakaian gigi palsu yang tidak sesuai akan menimbulkan jamur rongga mulut yang terdapat di bawah gigi palsu. Hal ini biasanya disebabkan karena pembuatan gigi palsu tidak melihat dari sisi kesehatan. Ini biasa dilakukan oleh tukang gigi.
Penyebab yang jarang dan lebih serius seperti sinusitis, penyakit paru – paru, dan gangguan pencernaan seperti konstipasi ( sulit buang air besar ) dapat juga menyebabkan bau mulut kita, hal ini butuh perawatan lebih lanjut serta konsultasi ke dokter umum ataupun dokter spesialis.
”Napas Berbau dapat merupakan kecacatan sosial, tetapi dapat dicegah dan di hilangkan dengan mudah”
Yang dapat kita lakukan terlebih dahulu untuk mencegah bau mulut dengan cara membersihkan gigi secara rutin setelah makan dan membersihkan sela – sela gigi (dengan dental floss). Juga bisa kita gunakan obat kumur / penyegar mulut, tetapi yang perlu di ketahui obat kumur tidak menghilangkan penyebab dari bau mulut. Makan makanan yang banyak mengandung serat dan minum lah air putih sebanyak – banyaknya untuk mencegah menumpuknya bakteri pada air ludah di mulut dan tenggorokan. Kemudian periksalah ke dokter gigi anda jika ada keluhan.
Tindakan yang biasa dokter gigi lakukan untuk menghilangkan penyebab dari bau mulut tersebut adalah :
1. Memeriksa rongga mulut dan mengobati gigi yang terinfeksi.
2. Merawat gigi yang berlubang dengan menambal ataupun mencabut gigi yang sudah rusak .
3. Membersihkan plak atau karang gigi yang ada.
4. Menginstruksikan cara sikat gigi yang baik dan benar.
5. Menghilangkan penyebab lain yang lebih serius dengan merujuk ke dokter umum atau dokter spesialis.
”Hilangkan penyebab bau mulut dengan konsultasi atau kontrol ke dokter gigi”
Untuk mencegah terjadinya bau mulut, jagalah kebersihan mulut kita. Dan konsultasi atau kontrol ke dokter gigi secara rutin (minimal 6 bulan sekali ) meskipun tidak muncul adanya keluhan. Hal ini penting bagi kita sehingga bau mulut bukan lagi merupakan hambatan atau masalah dalam hubungan sosial atau pergaulan kita sehari – hari.



1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus